Inspirasi Tak Bertepi dari Rumah Teh Iin

Dulu saya termasuk seorang blogger yang kerap merasa kehabisan ide menulis. Padahal di zaman itu Rekam Jejak Sang Pemimpi masih bersolo karier, alias belum punya adik. Hehehe. Tersebab hal itu saya sangat beruntung mengikuti event One Day One Post yang digelar komunitas tertentu.

Dengan adanya event tersebut, saya jadi punya modal awal mengisi blog. Seingat saya, ketiga blog kini mengawali perabot isi rumah maya dari artikel event.

Di 2022 akhir saya baru mendapat suntikan informasi bahwa tayangan inspiratif pun bisa menjadi sarana pengambilan konten ide menulis. Menariknya, dari satu tayangan sobat bisa mendapatkan beberapa ide tulisan, lo.

Rumah Teh Iin, Berlimpah Inspirasi


Tayangan inspiratif terbaru yang Layar Tambat rekomendasikan adalah kanal YouTube Rumah Teh Iin.

rumah teh iin

Channel yang dikelola sepenuh cinta oleh Teh Indari Mastuti, sang founder Indscript Creative nan energik.

Dari channel yang didominasi warna merah dan putih itu saya jadi terbiasa meramu ide tulisan. Ohya, hal ini sebenarnya berawal dari sebuah event juga di grup telegram ODOA (One Day One Article) yang digelar beberapa bulan lalu.

Saat itu kami, beberapa blogger terpilih, diminta mereviu sebuah tayangan zoom. Mba PJ memberikan brief penulisan. Karena terlambat mengumpulkan tulisan untuk reviu tersebut, saya memindahkannya di gform pengumpulan ODOA. Siapa sangka, beberapa hari kemudian Mba PJ bilang tulisan saya layak dimasukkan ke daftar blogger terpilih dan berhak dengan sejumlah fee. Masyaallah. Keputusan ikut ODOA, berujung lolos job tak terduga.

Apa saja yang bisa didapatkan dari tayangan inspiratif di Rumah Teh Iin

Berlimpah Ide Tulisan


Jika sobat merasa selama ini selalu kehabisan ide tulisan, berjalan-jalan virtual di Rumah Teh IIn akan membuka cakrawala bahwa ide tulisan melimpah ruah, bahkan membuat jadi kewalahan karena menemukan banyak ide tapi belum bisa menggarap semua karena keterbatasan.

Ilmu Lintas Genre


Narasumber yang diundang adalah seorang pakar di bidangnya. Ada yang berasal dari latar belakang dunia kesehatan, bisnis, desainer, penerbitan hingga parenting.

Mereka membawakan materi dan menjawab pertanyaan dalam rentang waktu satu jam dalam acara live streaming.

Jadi, jika sobat sedang dalam kondisi. kurang kondusif untuk bergabung langsung, masih ada rekaman live tersebut yang bisa diputar sesukanya.

Tentang Konsisten Berbagi


Webinar via zoom yang juga bisa disaksikan rekamannya dalam live YouTube itu dapat sobat temukan setiap hari.

Teh Yulia akan memandu acara yang disebut sarapan IIDB atau Ibu Ibu Doyan Bisnis. Hehehe, sarapan tak hanya makanan tapi kata-kata, ya.

Rutinitas Setoran ODOA


Di grup telegram, Mba Nurul juga nggak pernah putus semangat mengobarkan api-api literasi.

Kabar baiknya, bagi peserta yang rajin ikut ODOA akan punta tiket khusus mendapatkan job.

Menulis dan Berbisnis


Dari channel YouTube Rumah Teh Iin juga saya menyadari bahwa seorang penulis dianjurkan untuk berbisnis.

Bisnis jangan dianggap sesuatu yang ribet dengan berurusna inj dan itu. Membangun relasi sehingga mendapatkan manfaat merupakan satu yang dianjurkan.

Contohnya, sobat menulis sebuah buku. Buku itu harus dipromosikan untuk mendapatkan pembacanya.

Jika sobat pintar berelasi, besar kemungkinan penjualan buku tersebut akan meningkat.


Tayangan inspiratif yang bisa menjadi sumber tulisan apik


Ilmu parenting


Beberapa saat lalu, saya sedang mencari bahan untuk tulisan pola pengasuhan yang sebaiknya diperbaiki karena tidak relevan dengan perkembangan zaman.

Alhamdulillah, saya menemukan jawabannya dari konten yang berjudul

Benar saja bahwa ada tindakan orangtua yang bisa jadi menjadi sarana terciptanya perilaku buruk anak. Tidak ada sekolah orangtua, tetapi menjadi orang tua terkini dengan semangat mencari informasi adalah satu hal yang tidak bisa diabaikan di masa kini.

Ilmu penerbitan


Beberapa saat yang lalu, Teh Iin begitu Teh Indari Mastuti biasa disapa mengundang seorang pembicara dari penerbit penebar swadaya. Dari webinar ini, para penonton setia tidak hanya mendapatkan informasi tentang cara mengirim naskah ke penerbit swadaya, tema buku apa yang saat ini sedang dibutuhkan, serta naskah buku apa saja yang berpeluang diterbitkan, tetapi juga informasi tentang perbedaan penerbit mayor dan indie.

Bagi penulis yang sudah malang melintang di dunia penulisan buku, membedakan kedua penerbit ini tentu sudah khatam. Tentu berbeda halnya dengan penulis anyar yang sedang semangat mencari dan menemukan informasi.

Dari live streaming selama lebih kurang 40 menit itu, Teh Indari juga mengemukakan bahwa Indscript Creative juga menyediakan saluran khusus untuk info agensi naskah. Di channel ini, para pelanggan bisa selangkah lebih dekat dengan para editor.

Dari rekapitulasi yang dibagikan di grup telegram tersebut, saya melihat sejumlah nama teman penulis yang alhamdulillah mendapat jawaban menggembirakan dari ranah penerbitan. Go buku solo ternyata nggak sekadar impian.

Tentang kesehatan mental


Isu kesehatan mental meningkat sejak pandemi kemarin. Beragam buku bertema kesehatan mental mengalir deras ibarat keran. Nah, selain dari buku-buku tersebut, kita bisa belajar tentang kesehatan mental dari seorang pakar yang telah mendalami hal-hal terkait kesehatan mental ini.

Sang pakar memberikan informasi secara gamblang. Menuju akhir ada sesi tanya jawab yang akan membuat banyak pencerahan di masa mendatang.

Tayangan inspiratif terbaru bukan hanya sekadar tontonan tetapi juga sarana mendapatkan informasi terbaru, mengubah pola ajar yang mungkin salah, hingga meraup cuan dari konsistensi yang dibuat. Apapun tayangan itu selagi masih bisa berdampak kebaikan maka Layar Tambat tak sungkan untuk rekomendasikan.

Nah, sobat itu dia cerita hari ini tentang tayangan inspiratif terbaru. Sobat layar sudah nonton tayangan apa akhir-akhir ini? Share di kolom komentar, yuk!

Referensi:
Pengalaman pribadi
Kanal YouTube Rumah Teh Iin

#TantanganBlogspedia
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url